Herman Deru : Hari AIDS Sedunia Jadi Momentum Tingkatkan Sosialisasi Bahaya HIV AIDS

1
36

Palembang – Hari AIDS sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIVl, yang bermula dari Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai upaya pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Terkait itu Calon Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan bahwa penyakit menular, HIV/AIDS masih menjadi salah satu momok menakutkan bagi masyarakat di Sumsel dan semua pihak sudah seharusnya waspada.

Bupati OKU Timur dua periode ini membeberkan data resmi┬ádari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel 2016, bahwa jumlah pengidap HIV AIDS di Sumsel sejak 21 tahun terakhir mencapai 1.182 orang dengan yang sudah meninggal dunia sebanyak 135 orang. “Ini sangat memprihatinkan, pasti ada yang salah dalam sosialisasi bahaya virus HIV di Sumsel,” katanya pada media di Palembang Jum’at (1/12)

Deru menambahkan, perlunya peningkatan sosialisasi bahaya penyakit ini, terutama yang rentan terhadap penyakit kelamin, yang jika ditemukan kasus tersebut, langsung ditindaklanjuti ke rumah sakit untuk pemeriksaan. “Terutama di kota Palembang yang memang rawan terjadi penularan. Apalagi banyaknya perilaku seks bebas di kalangan masyarakat saat ini,” tukasnya.

Perlu diketahui, kata Deru, persoalan ODHA dan mereka yang terinfeksi HIV tak hanya tentang mengelola virus mematikan ini hingga tak segera merenggut nyawa. AIDS adalah penyakit yang membawa dampak sosial buruk bagi mereka yang menderita.

Deru mengingatkan anggapan buruk pada penderita AIDS jangan sampai menghilangkan rasa simpati, karena mereka adalah orang-orang yang rentan dengan kematian bila tak mendapat perawatan secara serius. “Memperhatikan nasib mereka adalah bagian penting dari sosialisasi sekaligus menghentikan mata rantai penularan virus HIV AIDS,” pungkasnya. (TRS)

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar